Spa Untuk Ibu Hamil

 menjadi demam isu yang sedang meningkat ketika ini Spa Untuk Ibu Hamil
Spa untuk ibu hamil menjadi demam isu yang sedang meningkat ketika ini, di masyarakat perkotaan. Siapa bilang ibu hamil dilarang ber-spa ria ? Yang penting ialah perhatikan rambu-rambunya dan pastikan bahwa programnya memang untuk ibu hamil.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut ibu pun makin membesar. Ini alasannya yakni ukuran janin pun semakin bertambah. Hanya saja, kondisi ini mempengaruhi keseimbangan ibu sehingga ibu sering mengalami pegal-pegal di punggung. Betis pun terasa tengang alasannya yakni harus menopang tubuh dengan berat yang lebih besar. Perubahan hormon ketika hamil juga sanggup mempengaruhi kondisi kulit. Pada sebagian ibu, kulit tampak menjadi lebih gelap dan lebih kering dari biasanya, dan tak jarang timbul jerawat di wajah.

Untuk mengatasi aneka keluhan tadi, ibu hamil sanggup melaksanakan sejumlah relaksasi atau sekadar perawatan tubuh di spa. Ada beberapa kegiatan yang sanggup dilakukan oleh ibu hamil disana. Namun, harap perhatikan apa yang perlu dihindari.


Luluran


Luluran bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit. Ibu hamil sebaiknya menentukan bahan-bahan lulur dengan bahan-bahan alami. Jika ibu tahan terhadap materi aromaterapi atau rempah-rempah, silahkan saja untuk menggunakannya. Semua produk yang dipakai harus berbahan alami dan tidak memakai produk-produk yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

 

Manicure Pedicure


Berguna untuk mempercantik penampilan kuku jari dan mengembalikan kesehatan kuku, terutama belahan kutikula, sekaligus untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit tangan serta kaki. Perawatan ini juga sangat membantu ibu hamil, mengingat perut yang semakin usang semakin membesar akan mempersulitnya untuk memotong kuku sendiri. Namun, sebelumnya pastikan alat-alat manicure pedicure di spa disterilisasi terlebih dahulu.

 

 

Facial


Berguna untuk melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah menjadi lebih bersinar. Lakukan facial dengan lembut. Bila terjadi kontraksi, segera hentikan upaya untuk menghilangkan jerawat / komedo. Hindari juga penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya (tidak memakai obat jerawat, obat pemutih wajah atau penghilang kerut). Penggunaan alat listrik atau laser selama ibu berbadan dua juga tidak disarankan.

 

 

Scrub


Selain untuk mengurangi bercak kehitaman pada kulit wajah, scrub juga boleh dioleskan ke seluruh tubuh, termasuk belahan perut. Tentu harus dipilih materi scrub yang kondusif sekaligus sanggup melembabkan kulit.

 

 

Pijat


 menjadi demam isu yang sedang meningkat ketika ini Spa Untuk Ibu Hamil
Umumnya, gerakan pemijatan berupa pengusapan dan penitikberatan sedemikian rupa yang tidak merangsang terjadinya kontraksi. Seluruh tubuh ibu boleh dipijat, kecuali belahan perut dan payudara. Utamakan pemijatan pada wilayah punggung, pinggang dan kaki alasannya yakni selama masa kehamilan, bagian-bagian itulah yang sering terasa pegal-pegal.

Posisi tubuh ketika di pijat sanggup telentang menghadap ke samping (miring). Tambahkan bantal lembut untuk menahan perut dan di belahan kaki supaya lebih relaks. Dengan begitu, ketika pemijatan, terutama belahan punggung, ibu akan merasa lebih nyaman.

Sebaiknya pemijatan dilakukan secara rutin. Jika usia kehamilan kurang dari 4 bulan sanggup dilakukan sebulan sekali, kalau sudah 6 bulan atau lebih sebaiknya dilakukan sebulan dua kali. Lamanya pemijatan sanggup dilakukan selama 80 menit untuk seluruh tubuh. Minyak yang kondusif dipakai yakni minyak zaitun / olive oil.

Banyak sekali manfaat prenatal massage (pijat untuk ibu hamil), antara lain :
  1. Mengatasi keletihan atau pegal.
  2. Memberikan relaksasi untuk otot yang tegang.
  3. Membantu melancarkan peredaran darah sehingga supply gizi dan oksigen ke janin lebih lancar.
  4. Mengurangi stress.
  5. Mengurangi nanah pada kaki.
  6. Membantu tidur lebih nyenyak.
  7. Merangsang kolagen di kulit sehingga sanggup mencegah terjadinya stretchmark.
  8. Mengurangi kelelahan pada punggung.
  9. Mengurangi kram pada kaki.

 

Creambath


Untuk mendapat rambut yang lebih sehat dan alami, ibu sanggup melaksanakan creambath, pemberian krim khusus bergizi ke dalam pori-pori kulit kepala. Pilihlah krim rambut yang sanggup memperlihatkan gizi pada rambut, menyerupai : krim yang mengandung asam amino, vitamin B kompleks, biotin dan kalsium. Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala supaya zat-zat gizi yang terdapat pada krim meresap ke dalam akar-akar rambut. Pijatan juga diyakini sanggup melancarkan peredaran darah di kepala sehingga zat-zat makanan yang diharapkan untuk rambut sanggup meresap dengan baik. Khusus untuk ibu hamil, creambath sanggup dilakukan sambil tiduran untuk mengurangi rasa penat. Banyak sekali salon-salon yang menyediakan perawatan khusus untuk ibu hamil.

 

Berendam


Berendam sanggup bermanfaat sebagai belahan dari relaksasi. Suhu air yang ideal yakni hangat-hangat kuku atau dilarang lebih dari 37 derajat Celcius. Suhu yang terlalu panas sanggup merangsang terjadinya kontraksi. Lama berendam cukup 10 menit dan gunakan materi alami untuk berendam, menyerupai susu.

 

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Dalam Memilih Program Spa

 

 menjadi demam isu yang sedang meningkat ketika ini Spa Untuk Ibu Hamil
Biasanya pada daerah spa menyediakan beberapa kegiatan spa untuk ibu hamil. Agar pilihan kegiatan atau treatment-nya tepat, mohon ibu memperhatikan rambu-rambu berikut ini :
  1. Lakukan Setelah Trimester Pertama. Prenatal Massage sebaiknya tidak dilakukan pada trimeser awal alasannya yakni pada tiga bulan kehamilan masih sangat rentan terjadi keguguran. Lebih kondusif dilakukan pada usia kehamilan menginjak trimester dua selesai dan tiga (4-9 bulan). Pertimbangannya pada usia kehamilan ini, janin sudah kuat, sementara ibu pun sudah melewati masa-masa yang tidak menyenangkan.
  2. Aman Dilakukan Asalkan Oleh Tenaga Profesional. Pijat untk ibu hamil kondusif dilakukan tetapi harus dengan tenaga profesional, bukan dengan pemijat biasa alasannya yakni kondisi ibu hamil berbeda dari orang yang tidak hamil.
  3. Tidak Semua Treatment Di Spa Dapat Dilakukan Oleh Ibu Hamil. Ada beberapa treatment yang sebaiknya tidak dilakukan, menyerupai mikrodermabrasi, peeling dengan bahan-bahan kimia, pemijatan dengan watu panas, dan sauna.
  4. Perhatikan Keseimbangan Elektrolit Ibu Hamil. Keseimbangan elektrolit pada tubuh penting untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan tubuh yang sanggup membahayakan janin. Beberapa kegiatan spa sanggup mengakibatkan tubuh memproduksi keringat secara berlebihan (seperti : sauna). Untuk itu, hindari kegiatan spa yang sanggup mengakibatkan tubuh memproduksi keringat berlebihan supaya tubuh tak cepat kekurangan cairan. Selain itu, suhu panas sanggup meningkatkan produksi hormon prostaglandin yang sanggup merangsang kontraksi rahim.
Jika anda membutuhkan warta lebih lanjut mengenai problem seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Janin Belum Masuk Ke Rongga Panggul Di Simpulan Era Kehamilan

Cara Menikmati Kehamilan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Kurus Dan Gemuk