Pertanyaan Seputar Duduk Kasus Kehamilan – Bab 2

 Terdapat berbagai pertanyaan mengenai  Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 2
Terdapat berbagai pertanyaan mengenai ibu hamil. Berikut ini ialah rangkuman beberapa pertanyaan seputar problem kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

Makanan Selingan Apa Yang Baik Untuk Ibu Hamil ?

 

Makanan selingan di antara dua waktu makan alias masakan ringan berperan penting dalam menyumbang nutrisi sepanjang kehamilan. Jangan sembarangan makan, apalagi mengkonsumsi masakan yang tidak mempunyai kandungan nutrisi menyehatkan. Bisa-bisa janin tidak tercukupi kebutuhan kalori-nya per hari, dalam hal ini Ibu Hamil membutuhkan 2.500 Kalori yang akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Untuk itu, pilihlah masakan ringan (snack) yang menyehatkan dan sanggup mencukupi kebutuhan kalori Ibu. Salah satunya yang sanggup dicicipi ialah Smoothie Yoghurt. Yoghurt kaya akan kalsium yang mempunyai kegunaan untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot janin. Bagaimana cara menciptakan smoothie yoghurt ?  Begini caranya. Campur buah-buahan yang Ibu Hamil gemari dengan sejumlah yoghurt, blender, taburi dengan kacang yang telah dicincang, kemudian dinginkan kurang lebih 6 jam. Sajikan ketika masih dingin.

 

Apakah Alasan Seorang Ibu Hamil Harus Bedrest ?

 

Umumnya, bedrest disarankan pada kehamilan yang beresiko atau adanya ancaman persalinan prematur. Berikut ini ialah beberapa alasan yang menimbulkan ibu hamil diwajibkan bedrest :
  1. Tekanan darah tinggi.
  2. Mengalami problem seputar lisan rahim.
  3. Perdarahan.
  4. Kasus kehamilan ganda.
  5. Pertumbuhan janin terhambat.
  6. Ada riwayat persalinan prematur.
  7. Pecah ketuban.

 

Krim Penghitam Kulit Apa Yang Cocok Untuk Ibu Hamil ?

 

Ibu hamil tampil gaya tentu tidak dilarang. Tetapi, bila ibu ingin tampil dengan kulit coklat yang eksotik, mohon berhati-hati dalam memakai krim penghitam kulit. Jangan memakai krim penghitam kulit yang disemprotkan alasannya ialah dikhawatirkan zat aktif-nya terhirup dan membahayakan janin. Lebih baik pilih krim penghitam kulit yang di-oleskan di kulit alasannya ialah lebih aman; zat-zatnya tidak eksklusif masuk ke pedoman darah. Meski umumnya krim penghitam kulit tidak mengandung zat berbahaya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu penggunaannya pada dokter.

 

Busana Kerja Apa Yang Cocok Untuk Ibu Hamil ?

 

Meski hamil, Ibu tetap bisa tampil gaya dengan nyaman ke kawasan kerja. Pilihannya, busana berpotongan simpel, menyerupai celana panjang berpipa lurus dari paha sampai kaki. Untuk atasannya, pakai yang berpotongan longgar, menyerupai model Baby Doll. Dengan begitu Ibu tetap bisa tampil resmi. Hindari atasan model sleeveless (tidak berlengan) kala harus terlihat formal. Hal lain yang harus diperhatikan, hindari motif atau corak besar, alasannya ialah akan menciptakan Ibu tampak semakin besar. Pilihlah materi katun yang nyaman.

 

Apakah Ibu Hamil Dapat Memakai Krim Pelindung ?

 

Ketika Ibu ingin melaksanakan acara di luar ruangan, ingatlah selalu untuk memanfaatkan krim pelindung matahari dengan kadar SPF 15 atau lebih. Namun, sebelum memakai sebaiknya lakukan ujicoba, terutama bagi yang mempunyai kulit sensitif. Selain itu, manfaatkan pula pelembab kulit, alasannya ialah paparan sinar matahari di kolam renang ataupun pantai bisa menciptakan kulit Ibu menjadi kering. Tak kalah penting, manfaatkan topi lebar dan kacamata hitam sebagai pelindung dan terik matahari.

 

Apa Saja Syarat Bagi Ibu Hamil Untuk Berhubungan Intim ?

 

Kehamilan bukan berarti tidak boleh melaksanakan kekerabatan mesra dengan pasangan. Yang penting, perhatikan keamanannya. Berikut ini ialah syarat kondusif untuk berafiliasi intim bagi ibu hamil.
  1. Tidak ada riwayat perdarahan sepanjang kehamilan.
  2. Tidak terjadi plasenta previa (ari-ari menutup jalan lahir).
  3. Ketuban tidak pecah.
  4. Tidak ada ancaman risiko lahir prematur / inkompetensi serviks.
  5. Tidak mempunyai riwayat keguguran berulang.
  6. Posisi ketika berafiliasi intim tidak menekan kandungan.
  7. Tidak memilki riwayat penyakit kelamin / HIV, baik Ayah atau Ibu.

 

Buah Apakah Yang Baik Untuk Mencegah Kram Kaki Pada Ibu Hamil ?

 

Meski Cuma camilan, ibu tetap perlu untuk memperhatikan kandungan gizi-nya alasannya ialah akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Salah satu masakan ringan yang disarankan ialah buah alpukat. Buah berkulit hijau ini mengandung 20 zat gizi penting untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Di antaranya : kaya asam folat, vitamin C, kalium, dan lemak tak jenuh. Aneka nutrisi tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan otak janin, jaringan dan sistem saraf. Kandungan kaliumnya juga sanggup mencegah kram kaki pada ibu hamil.

Ini merupakan salah satu cara yang sanggup ibu coba untuk mengolah alpukat. Hancurkan setengah buah alpukat dengan air dari setengah jeruk nipis dalam mangkuk kecil. Taburi dengan satu sendok makan cincangan daun ketumbar segar dan garam serta merica bubuk secukupnya. Aduk rata. Oleskan adonan ke serpihan roti panggang gandum.

 

Asupan Makanan Apa Yang Cocok Untuk Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil ?

 

Apakah wajah ibu tampak pucat? Apakah ibu juga kerap gampang lelah atau merasa lemah, pusing, sesak napas, serta detak jantung yang cepat dan sulit konsentrasi? Bila ya, bukan mustahil Ibu mengalami anemia. Sebaiknya Ibu lakukan tes darah rutin supaya anemia sanggup terdeteksi sedini mungkin.

Sebenarnya, anemia sanggup dihindari. Caranya? Praktis saja. Konsumsilah materi masakan yang merupakan sumber zat besi, baik binatang maupun nabati. Untuk yang hewani, ada daging sapi, ikan baronang, telur dan lain-lain. Sementara yang nabati bisa diperoleh dari bayam, kentang, jagung, dan kangkung. Makara tak perlu khawatir, berbagai materi masakan yang merupakan sumber zat besi.

 

Apa Saja Syarat Kehamilan Yang Sehat ?

 

Agar kehamilan ibu sehat dan janin yang diandung mempunyai pertumbuhan yang baik, ada 4 hal yang sebaiknya tidak lupu dari perhatian.
  1. Cukupi Kebutuhan Asam Folat. Asam folat termasuk kelompok vitamin B, bermanfaat mengurangi NTD (Neural Tube Deffect) atau kelaina susunan saraf pusat. Sebaiknya konsumsi asam folat dilakukan sejak masa persiapan kehamilan alasannya ialah pembentukan susunan saraf pusat dimulai di awal kehamilan. Jumlah yang dibutuhkan selama kehamilan ialah 600 mikrogram per hari per orang.
  2. Cukup Kebutuhan Air. Ibu hamil disarankan minum 10 gelas (2,4 liter) air per hari. Khusus ibu yang bekerja di luar ruangan atau sering terpapar matahari, kebutuhan airnya niscaya lebih banyak. Untuk memenuhi kebutuhan badan akan air tidaklah harus melulu dengan air putih. Jus buah, jus sayur, susu, kuah sup, dan lain-lain sanggup dimanfaatkan. Air mempunyai kegunaan memperlancar pedoman darah, mencegah persalinan prematur, membuang basil dari ginjal, dan mencegah sembelit.
  3. Hindari Kafein Dan Alkohol. Minuman berkafein dan beralkohol akan menghambat proses peresapan dan meningkatkan mual. Konsumsi kafein juga sanggup menimbulkan kemungkinan keguguran lebih tinggi dan berat janin berkurang. Sementara alkohol sama sekali harus dihindari alasannya ialah sanggup mempengaruhi perkembangan janin.
  4. Hindari Kegemukan. Hamil bukan berarti makan lebih banyak alasannya ialah ibu bertanggung jawab atas pertumbuhan janin. Cermati masakan yang di konsumsi, jangan berlebihan. Kegemukan semasa hamil berisiko terjadinya diabetes dan hipertensi dalam kehamilan, selain juga menciptakan beban jantung jadi terlalu berat dan tekanan pada pembuluh darah meninggi akhir tebalnya lemak.

 

Bagaimana Menjaga Agar Emosi Ibu Hamil Menjadi Stabil ?

 

Pernahkah ibu tiba-tiba merasa sangat murung atau terlalu gembira? Kehamilan kerap menjadikan emosi ibu menjadi tidak stabil. Untuk mengatasi hal itu, salah satu yang sanggup dilakukan ialah berolahraga. Olahraga menjadikan pasokan dan pedoman oksigen di badan bagus. Kecukupan oksigen ini bisa menjadi penetral emosi yang tidak stabil. Lakukan latihan kurang lebih sebanyak 20 menit 3 kali dalam seminggu. Beberapa olahraga yang disarankan bagi ibu hamil, yakni joging, berenang, pilates dan yoga. Namun sebelumnya, konsultasikan dahulu dengan dokter.

 

Apakah Vitamin A baik Untuk Janin ?

 

Vitamin A diharapkan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A sanggup menimbulkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. Kebutuhan vitamin A pada wanita hamil kurang lebih 2.500 IU per hari, yang sanggup dipenuhi dengan mengkonsumsi masakan kaya vitamin A, menyerupai : kuning telur, hati dan mentega, sayuran berwarna hijau dan buah-buahan berwarna kuning, terutama wortel, cabe hijau, tomat dan nangka.

Namun demikian, jangan berlebihan. Pasalnya, kelebihan vitamin A juga tak baik dampaknya. Vitamin A yang berlebih sanggup mengendap di badan dan akan menjadi racun.

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai problem seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Janin Belum Masuk Ke Rongga Panggul Di Simpulan Era Kehamilan

Cara Menikmati Kehamilan

Mengejan Yang Baik Ketika Melahirkan