Pertanyaan Seputar Duduk Kasus Kehamilan – Bab 4

 Berikut ini ialah rangkuman beberapa pertanyaan seputar  Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 4
Berikut ini ialah rangkuman beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

 

 

Bagaimana Posisi Berhubungan Intim Yang Aman Ketika Hamil ?

 

Ketika sedang hamil, masuk akal saja kalau tidak semua posisi bekerjasama intim bisa ibu lakukan. Seperti apa bekerjasama intim yang kondusif dilakukan? Intinya ialah supaya perut ibu terhindar dari trauma, cara yang terbaik ialah melaksanakan woman on top atau side by side. Hindari melaksanakan kekerabatan intim secara doggy style lantaran rahim sanggup tersodok secara langsung.

 

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Ibu Hamil Mengalami Kram Pada Kaki ?

 

Ketika ibu hamil mengalami kram pada kaki, segeralah duduk dengan meluruskan kaki atau tidur telentang, kemudian minta seseorang menekan telapak kaki ke arah tulang kering. Jika terlalu sering mengalami kram, ibu perlu mencatat dalam sehari berapa kali terjadi kram dan konsultasikanlah dengan dokter biar dokter bisa meneliti apa yang terjadi pada ibu dan mencarikan solusinya.

 

 

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Melakukan Facial ?

 

Proses pengeluaran jerawat tidak tidak boleh ketika hamil, asal dilakukan dengan benar. Hindari alat HF (high frequency) yang biasa digunakan untuk sterilisasi kulit. Alat supersonik yang biasa digunakan untuk menghaluskan wajah juga tidak disarankan. Ibu hamil juga tidak diperkenankan facial dengan materi kimia, mirip formaldehyde acid, glicolic acid, AHA, dan BHA, lantaran sanggup mempengaruhi perkembangan janin.

 

 

Bagaimana Busana Yang Cocok Untuk Wanita Hamil 9 Bulan ?

 

Sungguh suatu dilema, ibu hamil harus membayar mahal untuk busana yang hanya digunakan sebentar. Untuk menyiasatinya, ada trik yang bisa menciptakan ibu lebih berhemat.
  1. Untuk busana ke kantor, bisa dipilih baju dengan model tali belakang sehingga bisa dibesarkan atau dikecilkan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Jika ingin menghadiri pesta, maxi dress dengan materi lembut mirip sifon akan memberi kesan anggun. Busana ini bisa digunakan hingga usia kehamilan 9 bulan, bahkan usai persalinan ketika tubuh ibu sudah kembali ramping.
  3. Model baby doll merupakan busana favorit sepanjang masa. Potongan lebar di cuilan perut menciptakan ibu hamil nyaman namun tetap modis.

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Vlek Pada Awal Kehamilan ?

 

Vlek yang disebabkan perdarahan ringan ini disebut juga spotting. Sekitar 20% ibu hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini terjadi lantaran proses perlekatan sel telur yang sudah dibuahi dengan dinding rahim. Atau bisa juga akhir perubahan hormon yang disebabkan kehamilan. Ini biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama sehabis pembuahan, sehingga dianggap normal. Namun, vlek bisa juga terjadi hingga dengan final kehamilan. Untuk memastikan penyebabnya, ibu hamil harus berkonsultasi deng dokter seorang jago kandungan.

 

 

Apakah Janin Mengalami Cegukan ?

 

Apakah ibu pernah mengalami kedutan ringan yang teratur di perut? Rasanya ibarat getaran yang teratur dalam rentang waktu yang singkat. Gerakannya tidaklah sekeras tendangan kaki janin. Getaran atau kedutan ini, umumnya disebabkan oleh janin yang sedang cegukan. Memang, tidak semua janin pernah cegukan. Kalaupun pernah atau terjadi berkali-kali, maka tidak perlu dikhawatirkan, lantaran cegukan pada janin ialah normal.

 

 

Bagaimana Aturan Makan Bagi Ibu Hamil Yang Mengalami Diabetes ?

 

Diabetes yang terjadi semenjak sebelum hamil atau terjadi akhir kehamilan bisa disiasati dengan menerapkan contoh makan yang tepat. Antara lain :
  1. Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi cukup setengah dari total kalori harian ibu. Pilih sumber karbohidrat kompleks yang berarti tidak gampang diubah menjadi gula.
  2. Protein yang dikonsumsi kira-kira 20% dari jumlah kalori harian.
  3. Hindari masakan berlemak jenuh, trans fat, dan kolesterol jahat. Lemak jenuh tidak boleh lebih dari 10% dari kalori harian.
  4. Banyak mengkonsumsi serat, dianjurkan 40-70 gram per hari. Serat sanggup mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes yang sedang hamil.

 

 

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengemudi ?

 

Siapa bilang kehamilan menciptakan ibu pantang mengemudikan kendaraan? Selama perut yang semakin membesar masih terasa nyaman di belakang kemudi, silakan saja. Tentu dengan mempertimbangkan kondisi jalan kemudian lintas. Jika memakai kendaraan dengan transmisi manual, sebaiknya hindari kemudian lintas yang padat. Otot tubuh cuilan bawah yang menegang kemungkinan menimbulkan ketidaknyamanan di seputar perut. Selain itu, kepadatan lalu-lintas juga gampang memicu stress. Khusus untuk perjalanan yang panjang dan lama, lakukan istirahat beberapa jam sekali dan sebaiknya ada pendamping. Pilih jalur yang kondisi jalannya baik, tidak berlubang atau bergelombang.

 

 

Apakah Yang Perlu Ibu Hamil Lakukan Jika Mengalami Kaki Bengkak ?

 

Apakah ibu banyak beraktivitas di luar ruangan? Bila ya, disarankan untuk menentukan sepatu sandal yang nyaman. Bentuknya yang terbuka sungguh menguntungkan bagi kaki ibu yang umumnya agak membesar di final kehamilan. Pilihlah sepatu sandal dengan tinggi sol maksimal 3 cm demi keamanan, tidak gampang jatuh, dan menghindari ketegangan pada pergelangan kaki. Cermati cuilan bawah bantalan kaki ibu. Pilih yang antislip dengan tekstur tegas biar tidak licin ketika digunakan untuk berjalan. Sepatu sandal ini harus bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai perkembangan kondisi kaki ibu hamil.

 

 

Wajarkah Jerawat Pada Ibu Hamil ?

 

Jerawat pada ibu hamil ialah sesuatu hal yang wajar. Perubahan hormon ketika kehamilan memang sanggup mengakibatkan munculnya jerawat di wajah. Namun, sebelum memakai obat jerawat, perhatikan dahulu kandungannya. Bila mengandung accutane (atau isotretinoin, nama generiknya), jangan digunakan. Pasalnya, accutane tergolong keras dan berbahaya. Penggunaan dalam jumlah kecil meski dalam waktu singkat dikhawatirkan sanggup membahayakan perkembangan janin. Cacat lahir yang dikhawatirkan antara lain : keterbelakangan mental, banyak sekali malformasi otak, cacat jantung, dan kelainan wajah. Bagi ibu yang merencanakan kehamilan pun disarankan menghentikan minum obat berbahaya ini sebelum proses pembuahan. Untuk amannya, penggunaan obat selama kehamilan harus sepengetahuan dokter.

 

 

Bagaimana Fungsi Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil ?

 

Perut yang membesar pada masa kehamilan sanggup mempengaruhi keseimbangan ibu ketika beraktivitas. Untuk membantu ibu tetap nyaman ketika beraktivitas, pilihlah celana dalam yang mempunyai penyangga perut. Tambahan penyangga perut berfungsi sebagai penahan gravitasi biar beban perut yang membesar jadi tak berlebihan, sehingga tetap nyaman beraktivitas. Selain juga bermanfaat untuk menahan goncangan perut pada ketika beraktivitas. Atau, ibu sanggup memakai penyangga perut yang terpisah, tidak menyatu dengan pakaian dalam. Pilihlah materi yang nyaman dan bisa menyerap keringat, mirip katun atau kaus.

 

 

Apakah Makanan Berlemak Tinggi Dapat Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil ?

 

Mengkonsumsi masakan berlemak memang terasa nikmat, lantaran umumnya terasa lebih gurih. Menurut tawaran jago gizi, ibu yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi masakan berlemak maksimal 30% dari total kalori yang dibutuhkan. Contoh, dengan berat tubuh 58 kilogram, kalori yang dibutuhkan setiap harinya kurang lebih 2200 kalori. Jadi, kalau sudah mengkonsumsi sepotong ayam goreng tepung, sebaiknya tidak ditambah dengan gorengan lainnya.

 

 

Apa Dampak Komputer Bagi Kehamilan ?

 

Memang sih, selama ini belum ada penelitian yang mengatakan adanya ancaman berlama-lama di depan komputer sepanjang kehamilan. Berlama-lama di depan komputer hanya akan menciptakan nyeri di cuilan punggung. Ibu disarankan sesekali menghentikan acara di depan komputer untuk beristirahat dengan berjalan-jalan keliling ruangan biar anutan darah lancar.

Menurut Lori Wolfe, Konselor Genetik di babycenter(dot)com, beberapa penelitian membuktikan, tak ada dampak serius berlama-lama di depan komputer. Bahkan, ibu tidak perlu khawatir akan mengakibatkan abnormalitas pada janin. Kaprikornus silakan bekerja di depan komputer. Hanya saja ibu sesekali harus beristirahat.

 

 

Bagaimana Agar Ibu Hamil Tidur Lebih Nyenyak ?

 

Masuk trimester final denga perut yang makin membesar, sangat masuk akal kalau ibu hamil jadi sulit tidur nyenyak. Namun begitu, bukan berarti tidur nyenyak tidak bisa diperoleh. Coba ibu tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Bagaimana rasanya? Lebih nyaman bukan!

Tidur dengan posisi menyamping ke kiri menjadikan tekanan pada rahim berkurang sehingga diafragma tidak tertekan dan ibu tidak akan mengalami kesulitan bernapas ketika tidur. Posisi ini sekaligus sanggup membantu meringankan sakit punggung akhir beban janin. Manfaat lainnya, berdasarkan Asosiasi Kehamilan Amerika, tidur dengan posisi menyamping ke kiri sanggup meningkatkan jumlah nutrisi dan darah yang mengalir ke janin. Ibu yang merasa terlalu lelah, disarankan meluangkan waktu untuk tidur siang, cukup sekitar 30 menit saja.

 

 

Bagaimana Air Kelapa Dapat Mencegah Kram Pada Ibu Hamil ?

 

Salah satu keluhan yang sering dilontarkan ibu wacana gangguan pada kaki ialah kram. Kaki kram umumnya disebabkan kekurangan kalium. Kebutuhan kalium pada ibu hamil kurang lebih sekitar 4700 mg. Ada banyak materi masakan yang merupakan sumber kalium, salah satunya ialah air kelapa yang mengandung 670 mg kalium per 330 ml. Dengan demikian, ibu tak perlu ragu lagi untuk minum air kelapa selama hamil lantaran sanggup membantu menjaga pasokan kalium.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat air kelapa untuk kehamilan. Di antaranya : meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) lantaran air kelapa mengandung asam laurat yang mempunyai sifat anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-virus sehingga melindungi tubuh terhadap banyak sekali bisul dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

Adakah Hubungan Antara Kelahiran Prematur Dan Gusi Ibu Hamil Yang Bengkak ?

 

Peradangan gusi pada kehamilan ditandai dengan semakin meningkatnya rasa sakit di wilayah gusi, terjadinya perdarahan pada gusi, kegoyangan gigi, dan bau mulut. Peradangan ini memang tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, namun bukan berarti ibu bisa mengabaikan peradangan gusi yang terjadi begitu saja. Menurut Journal Obstetric Gynecology, ibu yang gusinya terinfeksi sanggup menularkan kuman pada janin melalui peredaran darah plasenta. Pada kasus yang diteliti terbukti kuman fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi ibu ditemukan dalam janin dan menjadikan keguguran. Tidak hanya itu, beberapa penelitian lain juga membuktikan, peradangan gusi berisiko pada kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu) dan berat tubuh bayi yang kurang (di bawah 2500 gram).

 

 

Apa Kegunaan Vitamin A Bagi Pertumbuhan Janin ?

 

Asupan gizi yang ibu terima akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Salah satu yang patut menerima perhatian ialah kecukupan vitamin A. Vitamin A diharapkan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A sanggup menjadikan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. Kebutuhan vitamin A ibu hamil kurang lebih 2500 IU per hari. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, santaplah kuning telur, sayuran berwarna hijau dan buah-buahan berwarna kuning, terutama wortel, cabe hijau dan tomat. Selain tidak boleh kekurangan, ada hal yang patut diperhatikan, yaitu ibu juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin A (tidak boleh lebih dari 2500 IU per hari). Mengapa? Vitamin A yang berlebih tidak terbuang lewat urine dan mengendap sebagai racun. Kelebihan vitamin A sanggup mengakibatkan kelainan jantung, gangguan sistem kencing dan kelamin, atau sanggup menciptakan bentuk wajah bayi cacat.

Jika anda membutuhkan warta lebih lanjut mengenai persoalan seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Janin Belum Masuk Ke Rongga Panggul Di Simpulan Era Kehamilan

Cara Menikmati Kehamilan

Mengejan Yang Baik Ketika Melahirkan