Berolahraga Sesudah Operasi Caesar

 Ternyata ibu hamil tidak perlu khawatir Berolahraga Setelah Operasi Caesar
Banyak pertanyaan, apakah tidak berbahaya, berolahraga setelah operasi caesar? Bagaimana dengan jahitan bekas operasi? Ternyata ibu hamil tidak perlu khawatir. Pada prinsipnya, latihan yang tidak melibatkan area perut sanggup dilakukan sekitar 1-2 ahad setelah melahirkan.

Ibu yang melahirkan dengan proses caesar , bekerjsama ingin segera berolahraga untuk mengembalikan stamina dan bentuk tubuh. Namun mereka khawatir acara fisik ini akan berdampak pada proses jahitan di perut. Alhasil, ibu menentukan untuk tidak melaksanakan apa pun.

Padahal, kalau ibu kurang beraktivitas, selain jadi lesu tak bertenaga, otot-otot pun kendur, bahkan berisiko pula terjadi penyumbatan pembuluh darah atau dalam bahasa medis disebut Deep Vein Thrombosis (DVT).

Memang, proses melahirkan caesar, menciptakan ibu memiliki luka di perut dan membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 4 minggu. Tapi pada prinsipnya, latihan yang tidak melibatkan area perut sanggup dilakukan sekitar 1-2 ahad setelah melahirkan. Justru dengan olahraga sanggup mempercepat masa pemulihan, badan disiapkan untuk kembali menghadapi acara sehari-hari, sekaligus ibu terhindar dari kemungkinan DVT.

Mengapa olahraga perlu dilakukan pasca bersalin? Seperti kita tahu, ketika menjalani kehamilan, calon ibu mengalami banyak sekali kendala, menyerupai nyeri pinggang, panggul pegal, sakit lutut, dan sebagainya. Dengan melaksanakan kativitas olahraga yang teratur dan terukur, maka kekuatan otot akan kembali terlatih sehingga ibu sanggup beraktivitas normal kembali.

Ibu sanggup lakukan latihan sebanyak 2-3 kali seminggu, berupa latihan beban yang melibatkan badan bab atas dan bawah.

Hal yang perlu diperhatikan ketika ibu akan melaksanakan olahraga pasca melahirkan secara caesar :
  1. Konsultasikan ke dokter mengenai jenis olahraga yang sanggup diadaptasi dengan kondisi pasca operasi caesar dan keluhan-keluhan apa saja yang dialami ibu.
  2. Bila ibu telah berhenti berolahraga selama beberapa bulan, mulailah kembali secara bertahap. Dimulai dengan olahraga low impact dan teratur 2-3 kali per ahad untuk menguatkan dan menstabilkan sendi-sendi panggul. Jenis olahraga low impact yang cukup kondusif pasca operasi caesar, ialah : jalan cepat, berenang, aquarobic, yoga, pilates, latihan dengan beban ringan dan bersepeda.
  3. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah olahraga.
  4. Hindari rasa lelah dan kekurangan cairan tubuh berlebihan. Berhentilah kalau timbul rasa pusing dan nyeri di luka bekas operasi.
Jika anda membutuhkan isu lebih lanjut mengenai duduk kasus seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Janin Belum Masuk Ke Rongga Panggul Di Simpulan Era Kehamilan

Cara Menikmati Kehamilan

Mengejan Yang Baik Ketika Melahirkan